Surat Suara Kekurangan Tiba di Sumba Timur

Written By Admin on Senin, April 06, 2009 | Senin, April 06, 2009

WAINGAPU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumba Timur, Sabtu (4/4/2009), telah menerima kekurangan surat suara Daerah Pemilihan (Dapil) Sumba Timur I dan Dapil Sumba Timur IV. Surat suara itu tiba dengan menggunakan kapal laut milik PT Feri Indonesia. KPU langsung melakukan sortir dengan melibatkan para penghuni Lapas Kelas II Waingapu. Dengan tibanya kekurangan surat suara tersebut, maka distribusi logistik untuk Dapil Sumba Timur IV dan Sumba Timur I bisa dimulai Senin (6/4/2009).

Kabag Umum dan Logistik Sekretariat KPU Sumba Timur, Melkianus Patimara yang ditemui di sela-sela kegiatan sortir surat suara di Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi Waingapu, Sabtu siang, mengatakan, meski ada kekurangan surat suara, namun distribusi logistik telah dimulai, Jumat (3/4/2009), untuk daerah pemilihan yang tidak bermasalah, seperti Dapil Sumba Timur II dan III. Sejauh ini, kata Melkianus, distribusi logistik untuk kedua dapil tersebut sudah selesai.

Sementara untuk Dapil IV dan I akan dimulai hari ini, Senin (6/4/2009), setelah surat suara tiba Sabtu pagi. Melki mengatakan, surat suara yang ada langsung didistribusikan hingga ke PPS, mengingat limit waktu yang sudah mendesak. Selain itu, kondisi wilayah Sumba Timur yang cukup luas dan kondisi cuaca yang tidak menentu menjadi pertimbangan tersendiri.

Seperti diketahui, Kabupaten Sumba Timur sebelumnya mengalami kekurangan surat suara di Dapil Sumba Timur I dan Dapil Sumba Timur IV dengan total kekurangan 21.887 lembar. Kekurangan surat suara ini berdampak pada penundaan distribusi logistik ke PPK atau PPS. Distribusi logistik yang semula direncanakan mulai 1 April mundur hingga tanggal 3 April 2009. Padahal kondisi wilayah Sumba Timur yang cukup sulit dengan masih banyaknya wilayah yang belum bisa dijangkau dengan kendaraan roda dua atau roda empat menyulitkan kegiatan distribusi logistik. Beberapa wilayah terpaksa ditempuh menggunakan kuda. PK

0 komentar:

Poskan Komentar