KEKERINGAN MERATA DI PULAU SUMBA

Written By Admin on Senin, April 05, 2010 | Senin, April 05, 2010

Kepala Badan Bimas Ketahanan Pangan Sumba Timur Ida Bagus Putu Punia menambahkan kekeringan tahun ini nyaris merata di Pulau Sumba. Sejumlah irigasi mengalami kekurangan debit air sehingga menimbulkan kekhawatiran di kalangan petani. "Intervensi pangan harus segera dilakukan," katanya.

Di tempat berbeda, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal NTT Emanuel Babu Eha yang berkunjung ke Sumba pekan silam, mengatakan, sebanyak tiga dari empat kabupaten di Sumba bakal dilanda gagal panen sebagai dampak dari kekeringan. Tiga kabupaten itu ialah Sumba Timur, Sumba Barat, dan Sumba Tengah. Hanya Sumba Barat Daya yang luput karena di wilayah itu terdapat banyak saluran irigasi yang bersumber dari sejumlah mata air.

Dia minta Pemerintah NTT cepat merespon ancaman krisis pangan tersebut untuk menghindari timbulnya dampak ikutan seperti gizi buruk, dan busung lapar. Biasanya, anak-anak yang tidak mendapat asupan gizi memadai, berpeluang terkena penyakit malnutrisi. Terkait itu, Bupati Sumba Timur Gideon Mbilijora mengatakan, pemerintah telah menyiapkan dana sebesar Rp1,8 miliar untuk membeli pangan terutama beras untuk dibagikan kepada warga. Sedang, pembagian beras untuk rakyat miskin (raskin) dilakukan lebih awal. Dia mengakui warganya memang mengalami krisis pangan karena gagal panen. (PO/OL-02)

0 komentar:

Poskan Komentar