PENYAKIT SURRA MASUK SUMBA TIMUR

Written By Admin on Jumat, September 03, 2010 | Jumat, September 03, 2010

Penyakit sura yang selama ini menyerang hewan besar di Sumba Barat dan Sumba Barat Daya mulai masuk ke wilayah Sumba Timur. Dalam sebulan terakhir ditemukan satu kasus di wilayah bagian barat Sumba Timur.

Informasi yang diperoleh Pos Kupang dari sumber yang berkompeten, Senin (30/8/2010), menyebutkan, sejauh ini baru ditemukan satu kasus ternak yang terserang penyakit sura.

Namun hewan yang terjangkit penyakit sura itu langsung ditembak dan dikubur. Lokasi di sekitar kubur hewan yang terjangkit penyakit sura langsung dilokalisir dan diberi vaksin.
Sebelum penyakit yang menyerang plasma darah itu memasuki Sumba Timur, Pemerintah Kabupaten Sumba Timur telah melakukan antisipasi penutupan lalu lintas ternak besar dari daerah terjangkit. Bupati Sumba Timur melalui edarannya juga telah meminta kepada dinas peternakan untuk melakukan tindakan karantina terhadap hewan besar yang datang dari luar, terutama kuda-kuda pacuan dari NTB.

Pemerintah Kabupaten Sumba Timur bersama DPRD telah sepakat mengalokasikan anggaran untuk penanggulangan penyakit tersebut. Apalagi Sumba Timur saat ini merupakan pusat pengembangan ternak besar, mulai dari sapi, kuda maupun kerbau dalam rangka mewujudkan daerah ini sebagai lumbung ternak di NTT dan Indonesia pada umumnya.

[Sumber : Pos Kupang]

0 komentar:

Poskan Komentar