ESELON II DIISI WAJAH BARU

Written By Admin on Jumat, Desember 31, 2010 | Jumat, Desember 31, 2010

WAINGAPU - Pengisian 15 jabatan eselon II lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Sumba Timur yang lowong sejak awal tahun 2010 kembali tertunda. Pengisian jabatan yang lowong itu diperkirakan baru akan dilakukan minggu pertama Januari 2011. Delapan wajah baru dipastikan akan mengisi jabatan yang lowong tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sumba Timur, Umbu Hamakonda, S.E, ditemui di ruang kerjanya, Selasa (28/12/2010), mengatakan, seluruh proses penetapan pejabat untuk mengisi jabatan yang lowong di tingkat kabupaten sudah dilakukan.

Saat ini, kata Hamakonda, nama-nama pejabat tersebut sedang dalam pengusulan ke Pemerintah Propinsi NTT. Karena itu, pengisian jabatan lowong baru bisa dilakukan sekitar minggu pertama 2011.

Dari 15 jabatan lowong, demikian Hamakonda, delapan jabatan akan diisi wajah baru, yaitu dari pejabat eselon III naik ke eselon II. Namun tidak dirincikan jabatan mana saja dan pejabat siapa saja yang akan mengisi jabatan lowong.

Namun informasi yang dihimpun menyebutkan, para pejabat eselon III yang dari segi kepangkatan layak untuk mengisi jabatan eselon II antara lain Kabag Umum, Lu Pelandima, Kabag Pembangunan, Gerald Palakahelu, Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (PPO), Obet Hilungara, Kabag Humas, Marthen Zogara Wollagole, Sekretaris Bapedalda, Buniman, Sekretaris Bappeda, Sekretaris Dinas Peternakan.

Obet diperkirakan akan naik menjadi Kepala Dinas PPO yang kosong setelah ditinggal pensiun Dra. Rambu Lika Atahumba. Sekretaris Bapedalda, Buniman, diperkirakan akan menduduki jabatan Kepala Bapedalda. Gerald Palakahelu diperkirakan akan menduduki jabatan Kepala Dinas Pekerjaan Umum.

Sedangkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum saat ini diperkirakan akan menduduki jabatan baru sebagai Kepala Dinas Pertambangan yang lowong setelah ditinggal pensiun Ir. Umbu Manggana.

Dinas Peternakan diperkirakan akan dijabat kembali orang dalam. Sekretaris dinas tersebut diperkirakan akan menduduki jabatan sebagai kepala Dinas Peternakan. Wajah baru juga akan menghiasi Dinas Kesehatan Sumba Timur. Setelah ditinggal dr. Matius Kitu yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Sumba Timur, dinas ini diperkirakan akan diisi orang dari luar Dinas Kesehatan, yaitu Direktur Rumah Sakit Kristen Lindimara, dr. Rin Tipa.

Sementara beberapa dinas/badan yang lain seperti Peternakan, Kehutanan, Badan Pemberdayaan Perempuan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah, Dinas Pendapatan, Pengelola Keuangan Daerah, belum ada infomasi yang jelas mengenai figur yang akan menduduki posisi jabatan itu.

Hamakonda menjelaskan, dari 15 jabatan lowong, delapan jabatan berasal dari eselon III yang naik ke eselon II, tujuh jabatan karena pergeseran atau mutasi pejabat eselon II yang sudah ada.

Hamakodan memastikan bahwa pengisian jabatan lowong akan dilakukan sebelum penetapan anggaran tahun 2011. Penetapan APBD II Kabupaten Sumba Timur diperkirakan dilakukan pada 10 Januari 2011. Sementara berbagai pihak menilai pemerintahan GBY-MK lamban dalam mengisi jabatan yang ada sehingga berdampak kepada pelayanan kepada masyarakat.

[Sumber : Pos Kupang]

0 komentar:

Poskan Komentar