SUMBA TIMUR RAIH PENGHARGAAN RUMPUT LAUT

Written By Admin on Rabu, Desember 22, 2010 | Rabu, Desember 22, 2010

Waingapu - Pemerintah Daerah (Pemda) Sumba Timur mendapat penghargaan pertama Daerah Pengembang Klaster/ Minapolitan Industri Rumput Laut tahun 2010 dari Menteri Kelautan dan Perikanan.

Pemda Sumba Timur berhasil meraih peringkat pertama untuk pengembangan rumput laut karena prestasinya mengembangkan klaster industri rumput laut dalam bentuk produk chips.

Penghargaan ini diserahkan Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad kepada Bupati Sumba Timur, Drs. Gidion Mbilijora, M.Si pada peringatan Hari Nusantara di Balikpapan, 13 Desember 2010.

Bupati Sumba Timur, Drs. Gidion Mbilijora, M.Si ditemui di ruang kerjanya, Senin (20/12/2010), mengatakan, Pemda Sumba Timur meraih penghargaan pertama dari Menteri Kehutanan karena menjadi pemerintah daerah pertama yang memiliki pabrik rumput laut dan berhasil memproduksi chips.

"Kalau daerah lain, industri rumput laut pada umumnya milik swasta. Kita di Sumba Timur milik pemerintah daerah," kata Gidion.

Dia mengungkapkan, dalam rangka pengembangan industri rumput laut, Pemda Sumba Timur bersama DPRD dalam waktu dekat akan membahas perda mengenai bentuk perusahaan yang menaungi industri rumput laut di daerah itu.

Menurut Gidion, pemerintah mengusulkan pengelolaan industri rumput laut di daerah ini dengan manajemen perseroan terbatas. Untuk modal awal, kata Gidion, pemerintah daerah telah menyiapkan dana Rp 5 miliar.

Sementara Direktur Pabrik Rumput Laut Algae Sumba Timur Lestari, IGA Nyoman Sitawati, dalam rapat paripurna bersama DPRD beberapa waktu lalu, mengatakan, pabrik rumpu laut Algae Sumba Timur Lestari bisa berkembang dan meraih keuntungan jika mendapat tambahan dana Rp 11 miliar.

Dengan dana sebesar itu, pabrik rumput laut, Algae Sumba Timur Lestari bisa mengekspor sendiri produk-produknya ke pasar dunia.

Selain penghargaan di bidang pengembangan industri rumput laut, Kabupaten Sumba Timur juga mendapat penghargaan Manggala Wana Bhakti sebagai daerah peduli kehutanan 2010 dari Menteri Kehutanan bersama 20 kabupaten lainnya di Indonesia.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Kehutanan kepada Bupati Sumba Timur, Drs. Gidion Mbilijora,M.Si tanggal 4 Desember 2010. Penghargaan ini diberikan dalam rangka lomba penghijauan dan konservasi alam wana lestari tahun 2010. Untuk Propinsi NTT, kata Gidion, hanya Sumba Timur yang mendapat penghargaan tersebut.

Dia mengungkapkan, Sumba Timur terpilih sebagai salah satu daerah yang mendapat penghargaan bergengsi di bidang kehutanan karena intensitas penanaman pohon yang dilakukan pemerintah, swasta dan masyarkat di daerah ini.

[Sumber : Pos Kupang]

0 komentar:

Poskan Komentar