Polisi Tangkap 14 Calon TKW

Written By Admin on Jumat, Februari 13, 2009 | Jumat, Februari 13, 2009

WAINGAPU, - Tim Buru Sergap (Buser) Polres Sumba Timur, Rabu (11 Februari) sekitar pukul 19.00 Wita menangkap dan menahan 14 calon tenaga kerja wanita (TKW) asal Kabupaten Sumba Barat yang akan diberangkatkan menuju... Kupang menggunakan KM Awu karena diduga illegal. Tiga dari 14 calon TKW masih dibawah umur.

Penangkapan terhadap 14 calon TKW yang diduga illegal itu dibenarkan Kapolres Sumba Timur, AKBP Tetra M Putra melalui Kasat Reskrim, Iptu Wilson BF Pasaribu kepada Timor Express diruang kerjanya.

Dari laporan yang ada demikian Wilson, pihaknya mencurigai ada yang tidak beres dengan kelengkapan administrasi 14 calon TKW itu. Dikatakan, penangkapan berawal dari laporan warga bila tiga dari 14 calon TKW asal Sumba Barat berupaya melarikan diri dari petugas lapangan yang diutus koordinator PT Gunawan Sukses Abadi wilayah Sumba Barat, Charitas Adi Rambu (Ica).

"Tiga calon TKW yang diduga masih dibawah umur itu melarikan diri dari hotel Sandlewood tempat mereka diinapkan sementara menunggu jadwal keberangkatan KM AWU malam ini. Ketika akan menuju lokasi dermaga untuk menumpang kapal, tiga dari 14 calon TKW itu melarikan diri. Salah satunya bahkan berusaha sembunyi dirumah salah seorang penduduk di Kelurahan Matawai Kecamatan Kota. Karena curiga, warga melaporkan hal ini pada kami dan itu kita tindaklanjuti dengan mengamankan mereka para calon TKW tersebut di Mapolres Sumba Timur," tegasnya.

Wilson mengungkapkan, dari informasi yang diperoleh, tiga calon TKW yang diduga masih dibawah umur itu tidak mengantongi surat izin dari orangtua. Surat izin dari orangtua ketiga TKW tersebut terangnya, direkayasa oleh Charitas Adi Rambu termasuk kartu tanda penduduk (KTP). "Kami sudah menelpon koordinator wilayah Sumba Barat dari PT Gunawan Sukses Abadi, Charita Adi Rambu yang sedang berada di Waikabubak-Sumba Barat agar datang ke Polres Sumba Timur untuk diperiksa dalam kasus ini," paparnya.

Menurut mantan Kapolsek Melolo dan Lewa ini, para TKW tersebut diinapkan sementara di hotel Sandlewood sejak Selasa (10 Februari) lalu. Pantauan Timor Express, 14 calon TKW tersebut masih menjalani pemeriksaan Satuan Reskrim Polres Sumba Timur. Timex

0 komentar:

Posting Komentar