Ali Fadaq: DPR Bukan Lembaga Hajat

Written By Admin on Minggu, Maret 22, 2009 | Minggu, Maret 22, 2009

WAINGAPU - Banyaknya parpol yang mengusung caleg tanpa memperhatikan sisi intelektualitas caleg dimaksud memicu keprihatinan ketua Fraksi Partai Golkar (FPG) DPRD Sumba Timur, Ali Oemar Fadaq. DPR kata Ali, adalah lembaga politik yang memiliki tiga fungsi pokok, pengawasan, legislasi dan budget atau bukan lembaga hajat tempat perkumpulan semata. Hal ini disampaikan Ali Oemar Fadaq kepada Timex di Waingapu, Jumat (21/3) kemarin.

Menurutnya, faktor ketokohan tidak bisa dijadikan ukuran dalam menilai kemampuan seseorang lalu diusung menjadi caleg tapi yang terpenting adalah sisi kapasitas dan kapabilitas yang dimiliki figur tersebut karena sangat mempengaruhi kualitas lembaga DPR. "Jangan sudah terpilih baru belajar. Bila seperti itu, kapan lembaga DPR bisa berfungsi kalau anggotanya masih dalam taraf belajar bagaimana ber-DPR," tegasnya.

Untuk itu, ia menghimbau warga Sumba Timur tidak memilih figur caleg hanya berdasarkan pertimbangan sisi keluarga dan rasa kasihan, namun dalam menentukan pilihan politik di pemilu legislatif 9 April lebih mengutamakan sisi kapasitas dan kapabilitas caleg dimaksud sehingga mampu memainkan peranannya di DPR dengan baik.

"Saya menghimbau warga Sumba Timur agar dalam menentukan pilihan politiknya di pemilu legislatif 9 April nanti lebih mengutamakan pertimbangan pada figur yang diyakini mampu membawa aspiras warga yang ada bukan figur yang hanya mengandalkan ketokohannya semata.

Tersalurnya aspirasi rakyat sangat ditentukan oleh kapasitas dan kapabilitas yang dimiliki seorang caleg. Saya juga kuatir, istilah 4 D, datang, diam, dengar dan duit akan berlaku di DPRD Sumba Timur bila warga salah menentukan pilihan politiknya di pemilu legislatif 9 April,” katanya.

Sementara itu, pantauan Timex, Jumat kemarin, suasana kota Waingapu terlihat lengang. Tak ada aktifitas yang menonjol di sekretriat sejumlah parpol yang mengikuti pemilu legislatif 9 April.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumba Timur, Siliwoeloe Njoeroemana melalui juru bicaranya, Ndilu Maupandji mengungkapkan, sesuai jadwal yang dikeluarkan lembaganya, Jumat kemarin merupakan jadwal kampanye rapat umum Partai Damai Sejahtera (PDS). Lokasi kampanye PDS demikian Ndilu, di Kecamatan Kambata Mapa Mbuhang. Timex

0 komentar:

Poskan Komentar