Jadi Bandara Umbu Mehang Kunda

Written By Admin on Selasa, Maret 31, 2009 | Selasa, Maret 31, 2009

WAINGAPU - Bandar Udara Mau Hau di Waingapu, Sumba Timur sebentar lagi berganti nama menjadi Bandara Umbu Mehang Kunda. Pergantian nama bandara ini merupakan hasil perjuangan Bupati Sumba Timur, Gideon Mbilijora untuk mengabadikan nama mantan Bupati Sumba Timur, Umbu Mehang Kunda yang telah...berpulang tahun lalu. Dan peresmian pergantian nama Bandara dari Mau Hau ke Umbu Mehang Kunda direncanakan berlangsung bulan April nanti pasca pemilihan umum (Pemilu) legislatif.

Kepastian pergantian nama Bandara di Sumba Timur ini dikemukakan Bupati Sumba Timur, Gideon Mbilijora ketika mengantar Gubernur NTT, Frans Lebu Raya menaiki pesawat menuju Kupang dari Waingapu, Jumat (27/3) lalu.

Menurut Gideon, persetujuan untuk mengganti nama Bandara Mau Hau ke Umbu Mehang Kunda sudah mendapat persetujuan dari Dirjen Perhubungan Udara, Departemen Perhubungan (Dephub) RI.

Terkait kepastian persetujuan Dephub ini juga dibenarkan Gubernur NTT, Frans Lebu Raya yang saat itu bersama Bupati Gideon Mbilijora. "Ia benar surat persetujuan dari Dephub sudah ada untuk pergantian nama bandara ini (Mau Hau, Red). Tinggal diatur peresmiannya saja," kata Frans Lebu Raya.

Mengenai tanggal peresmian, menurut mantan Bupati Sumba Timur yang sebelumnya berpasangan dengan almarhum Umbu Mehang Kunda sebagai Bupati itu mengatakan masih harus mengonsultasikan dengan Gubernur. "Kita rencanakan untuk peresmiannya dilakukan bulan April nanti. Namun masih kita konsultasikan dulu dengan Gubernur tanggal yang tepat," kata Gideon.

Gideon juga mengatakan, selain nama almarhum Umbu Mehang Kunda yang akan diabadikan sebagai nama bandara, nama pelabuhan laut Nangamesi di Sumba Timur juga akan diganti namanya menjadi pelabuhan laut Umbu Haramburu Kapita.

Hanya saja, kata Gideon, nama pelabuhan laut belum bisa secepatnya diganti karena Pemkab Sumba Timur masih menunggu persetujuan dari Dirjen Perhubungan Laut, Dephub yang sudah diajukan sebelumnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pasca kematian Bupati Umbu Mehang Kunda tahun 2008 lalu, Gideon Mbilijora yang diangkat menjadi Bupati dalam sisa periode 2005-2010 melakukan pertemuan dengan keluarga besar, almarhum Umbu Mehang Kunda dan Umbu Haramburu Kapita guna meminta ijin agar nama dua tokoh ini diabadikan menjadi nama Bandara dan Pelabuhan Laut. Dan niat itu telah mendapat persetujuan keluarga kedua tokoh.

Upaya untuk mengabadikan nama kedua tokoh itu karena pemerintah menilai kedua tokoh sangat berjasa dalam mewujudkan pembangunan Kabupaten Sumba Timur. Kedua tokoh itu dikenal sebagai tokoh yang merakyat, oleh karena itu tak salah nama mereka diabadikan sebagai nama bandara maupun pelabuhan laut.
Timex

1 komentar:

jo mengatakan...

Ini Bagus skali, ya supaya bisa mengenang orang - orang yang sudah berjasa dalam pembangunan di Sumba Timur.

Poskan Komentar