ANTISIPASI VIRUS H1N1 SUMTIM PERKETAT PINTU MASUK

Written By Admin on Kamis, Mei 28, 2009 | Kamis, Mei 28, 2009

WAINGAPU - Pemerintah Kabupaten Sumba Timur (Sumtim) mulai memperketat seluruh pintu masuk ke wilayah itu untuk mengantisipasi masuknya virus H1N1 ke wilayah itu.

Bupati Sumtim, Drs. Gidion Mbilijora mengatakan itu saat ditemui di Waingapu, Senin (25/5/2009) sore. Dia mengatakan sudah mengingatkan dinas peternakan dan instansi terkait untuk mengantisipasi masuknya virus berbahaya itu, dengan memperketat pengawasan di pintu-pintu masuk, baik melalui udara, laut dan darat.

Selain itu, kata Gidion, pihaknya juga sudah memerintahkan dinas peternakan untuk terus memantau perkembangan peternakan babi di Sumtim. "Dinas Peternakan kita minta terus memantau keadaan ternak babi yang ada di masyarakat. Jangan sampai ada gejala ke sana. Tetapi sejauh ini belum ada laporan dari masyarakat ada babi yang mati mendadak," kata Gidion.

Menurut dia, dengan merebaknya virus H1N1 di beberapa daerah di indonesia, maka seluruh ternak babi yang masuk ke wilayah Sumtim harus melalui pemeriksaan yang ketat.

"Kita perketat masuknya ternak babi dari Flores dan Sumba Barat," kata Gidion.
Sementara mengenai pemeriksaan kesehatan terhadap manusia yang masuk keluar wiayah Kabupaten Sumtim, melalui pelabuhan udara belum bisa dilakukan karena daerah itu belum mempunyai fasilitas untuk mendeteksi virus H1N1 yang tertular pada manusia.

Meski demikian, kata Gidion, instansi terkait tetap diminta siaga jika ditemukan ada gejala virus H1N1 pada manusia. "Dinas kesehatan, dinas pariwisata, juga diminta mengawasi wisatawan yang masuk ke Sumtim karena mereka berpotensi tertular virus itu," jelas Gidion.

*Sumber : POS KUPANG*

0 komentar:

Poskan Komentar