PEDAGANG BERJUALAN DI TROTOAR

Written By Admin on Rabu, Mei 20, 2009 | Rabu, Mei 20, 2009

WAINGAPU - Pembangunan Pasar Matawai yang berlarut-larut mengusik kesabaran para pedagang. Mereka akhirnya berjualan di pinggir jalan dan trotoar pasar. Kondisi ini mengganggu arus lalulintas menuju ke pasar tersebut.

Pantauan PK dalam beberapa hari terakhir ini di Pasar Matawai, khususnya di jalan dan trotar pasar terjadi penumpukan pedagang. Kondisi ini diperparah lagi dengan kendaraan para pembeli yang diparkir tak beraturan di ruas jalan itu.

Asisten Tata Praja Setkab Sumba Timur (Sumtim), Samuel Pekulimu, ditemui di Kantor Bupati Sumtim, Senin (18/5/2009), mengaku angkat tangan, tidak bisa berbuat banyak menertibkan para pedagang di Pasar Matawai itu. Alasannya, jangka waktu yang dijanjikan pemerintah untuk menyelesaian pembangunan n pasar telah selesai.

Hal yang sama dikatakan Sekretaris Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Sumtim, Johanes Pama. Menurutnya, untuk menertibkan para pedagang perlu koordinasi semua instansi terkait.

Menurut Johanes, pemerintah tidak bisa terus menerus melakukan operasi penertiban pedagang karena pedagang harus diberikan penjelasan dan dimintai pemahamannya atas keterlambatan pembangunan pasar. Dengan demikian, pedagang memahami kondisi yang ada.

Johanes mengatakan, pembangunan Pasar Matawai belum rampung karena kehabisan dana. Pemerintah harus menganggarkan dana tambahan untuk menyelesaikan pembangunan pasar tersebut.

Dan, lanjut Johanes, pada tahun anggaran 2009, Pemkab Sumtim telah mengalokasikan dana senilai Rp 3,7 miliar untuk merampungkan pembangunan pasar tersebut. "Saat ini dalam proses persiapan tender pembangunan tahap II. Pembangunan tahap II ini diperkirakan lebih cepat karena tinggal atap dan rolling door," kata Johanes.
*PK*

0 komentar:

Poskan Komentar