KPU SUMBA TIMUR KEMBALIKAN BERKAS CALON

Written By Admin on Senin, Maret 29, 2010 | Senin, Maret 29, 2010

WAINGAPU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumba Timur awal pekan ini mengembalikan berkas pasangan calon bupati dan calon wakil bupati (Cabup/cawabup) yang tidak lengkap dan harus diperbaiki. Pengembalian berkas itu dilakukan berdasarkan hasil verifikasi berkas paket-paket untuk masih ditemukan berbagai kekurangan.

Juru Bicara KPU Sumba Timur, Ndilu Maupanji, kepada wartawan di Kantor KPU Sumba Timur, Kamis (25/3/2010) pagi, mengatakan, dalam tahap verifikasi oleh KPU masih ditemukan kekurangan-kekurangan, antara lain perbedaan penulisan nama dan gelar antara satu dokumen dengan dokumen lainnya. Maupanji menjelaskan, waktu untuk memperbaiki berkas oleh para calon akan diberikan sampai 1 April mendatang.

Sementara hasil pemeriksaan kesehatan para calon menyatakan lima pasangan cabup/cawabup sehat dan memenuhi syarat untuk maju menjadi kontestan Pemilu Kada Sumba Timur, 3 Juni mendatang. Maupanji mengungkapkan, KPU telah menerima hasil pemeriksaan tim pemeriksa kesehatan para calon. Namun ketika dikonfirmasi tentang penyakit apa saja yang bisa ditolerir, Maupanji mengatakan, itu kewenangan tim dokter yang memeriksa para pasangan calon. "KPU hanya menerima pernyataan memenuhi syarat atau tidak. Berdasarkan pernyataan yang diterima KPU dari tim dokter, semua pasangan calon dinyatakan sehat dan memenuhi syarat," kata Maupanji.

Pada kesempatan yang sama, Maupanji juga menjelaskan tentang arah dukungan dari Partai Kedaulatan. Dalam verifikasi KPU, katanya, ditemukan dualisme dukungan dari partai tersebut, yakni di pasangan Cabup/cawabup Lukas Kaborang-Rambu Lika Atahumba (Paket Luri) dan pasangan Emanuel Babu Eha-Umbu Hapu Mbenju (Paket Maju). Maupanji mengatakan, KPU sudah memanggil dan meminta klarifikasi Ketua Partai Kedaulatan Sumba Timur, Daniel Kahali.

Dalam klarifikasinya, Daniel secara resmi menarik dukungan dari paket Luri dan menetapkan dukungan untuk paket Maju. "Berita acara penarikan dukungan itu sudah ditandatangani ketua partai yang bersangkutan," jelas Maupanji.


Meski ada penarikan dukungan dari Partai Kedaulatan, demikian Maupanji, tidak mempengaruhi peluang paket Luri untuk maju dalam Pemilu Kada, 3 Juni mendatang. Baik Luri maupun Maju sama-sama lolos.

*copyright by pos kupang online

0 komentar:

Poskan Komentar