SUMBA TIMUR PERPANJANG TENDER AUDITOR

Written By Admin on Kamis, April 29, 2010 | Kamis, April 29, 2010


KUPANG - KPU Sumba Timur (Sumtim) memperpanjang pendaftaran tender auditor dana kampanye. Tahap pertama pendaftaran tidak ada akuntan publik yang mendaftar.

Ketua KPU Sumtim, Muhammad,S.Ag mengatakan itu, saat ditemui di KPU NTT, Jalan Polisi Militer, Kupang, Rabu (28/4/2010). Dia mengatakan, karena belum ada yang mengikuti tender, pihaknya memperpanjang. Informasi yang dia terima dari anggota KPU dari Waingapu, kemarin sudah ada satu lembaga akuntan publik yang mendaftar.

Jika sampai tahap kedua berakhir hanya satu lembaga yang mendaftar, maka KPU langsung menunjuk lembaga itu sebagai auditor dana kampanye para calon. Jika yang melamar lebih dari satu, maka akan diadakan tender terbuka.

Dia menjelaskan, seiring dengan tahapan tender auditor, KPU sedang mensosialisasikan cara memberikan sura dari centang kembali ke coblos. Hasilnya, masyarakat antusias karena coblos merupakan cara lama yang lebih memudahkan mereka. KPU juga mensosialisasikan kontestan Pemilu Kada. Sosialisasi KPU sebatas memperkenalkan nama dan foto calon disertai nomor urut. Dalam sosialisasi, KPU tak pernah mengajak masyarakat memilih paket tertentu.

Dia menjelaskan, KPU Sumtim juga sedang merekrut KPPS. Diharapkan awal Mei semua tempat pemungutan suara (TPS) sudah memiliki kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) tersebut. KPPS, kata Muhammad, diseleksi secara ketat, terutama independensinya. Personel yang duduk dalam KPPS, harus betul-betul obyektif, independen, tidak memihak ke salah satu calon. Jika ada yang diketahui memihak, akan diganti. Dia mengingatkan, KPPS merupakan ujung tombak penyelenggaraan Pemilu Kada di level paling bawah, tapi sangat menentukan keberhasilannya.

*copyright by : pos kupang online

0 komentar:

Poskan Komentar