TAHUN 2012 SUMBA TIMUR JADI TUAN RUMAH MTQ

Written By Admin on Kamis, Mei 06, 2010 | Kamis, Mei 06, 2010

WAINGAPU - Bupati Sumba Timur, Gidion Mbilijora menegaskan, pihaknya siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi NTT tahun 2012 nanti.

Hal itu ditegaskan Bupati Gidion Mbilijora usai membuka MTQ XXIII tingkat Kabupaten Sumba Timur di halaman masjid Agung Al Jihad-Waingapu, Senin (4/5) lalu. MTQ yang diikuti 45 qori dan qoriah dengan tema, Satu Dalam Ukhuwah, Satu Dalam Kebersamaan, Satu Dalam Pembangunan, berlangsung 3-6 Mei, ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Sumba Timur, Gidion Mbilijora dan pelepasan sejumlah kembang api oleh panitia.

Menurut Gidion, MTQ tidak hanya dilihat sebagai rutinitas lomba seni membaca Alquran dan mencari juara tetapi harus dimaknai sebagai upaya untuk mengetuk kesadaran umat Islam untuk belajar, mengkaji kandungan Alquran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.


MTQ paparnya, harus menjadi momentum pembinaan mental spiritual umat, sehingga bisa melahirkan manusia-manusia yang berkualitas dengan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. “MTQ menjadi wadah pembinaan mental anak-anak dan remaja sehingga mempunyai solidaritas sosial yang tinggi sehingga ketika dewasa, mental dan perilakunya memberikan kesejukan bagi orang lain sekaligus sebagai benteng menghadapi berbagai cobaan serta tidak terjebak dengan pengaruh-pengaruh negatif seperti pergaulan bebas, narkoba dan obat terlarang lainnya,” harapnya.

Menurut Gidion, umat Islam Sumba Timur juga harus membangun komunikasi dengan penganut agama lain dan pemerintah dalam rangka mewujudkan masyarakat yang damai. ”Tapi yang menjadi kebanggaan saya dan seluruh elemen masyarakat Sumba Timur selama ini bahwa kerukunan antarumat beragama di Kabupaten Sumba Timur cukup baik dan terjaga sampai hari ini. Ini yang harus tetap kita pertahankan sampai kapanpun karena merupakan kekayaan yang tidak ternilai harganya,” tandasnya.


Gidion mengharapkan, keharmonisan antarumat beragama bisa terus dijaga terutama menjelang pemilukada 3 Juni mendatang. Sebelumnya, ketua Lembaga Penyelenggara Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Sumba Timur, H Muhammad Mujahid Al Qadrie dalam sambutannya menegaskan, 45 qori dan qoriah akan bersaing merebut juara untuk meraih tiket MTQ tingkat Provinsi NTT di Kabupaten Alor. MTQ tingkat Kabupaten Sumba Timur kata dia, dilaksanakan pertama kali tahun 1970.


Ditahun yang sama, Sumba Timur ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ tingkat Provinsi NTT. “Nah pada tahun 1977, Sumba Timur kembali mendapat kehormatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ tingkat Provinsi NTT. Tapi sejak saat itu, kita tidak pernah lagi mendapat kesempatan menjadi rumah penyelenggaraan MTQ tingkat Provinsi NTT.

Sebab itu, kami akan mengajukan usulan agar Sumba Timur menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi NTT tahun 2012,” nanti ujarnya seraya menjelaskan, dalam kurun waktu 40 tahun pelaksanaan MTQ tingkat provinsi, Sumba Timur selalu melaksanakan MTQ yang berlangsung selama dua tahun sekali dengan melahirkan sejumlah qori dan qoriah terbaik dan berprestasi hingga ke tingkat nasional diantaranya, Usman Al Qadrie (almarhum), H Umar Farouq Al Qadrie, H Abdullah Qabir, Zainab Ahmad, Zainab Yusuf, Armansyah Rusman Mulayar dan Abdul Mutholib Abbas.


[ Sumber : Timor Express]

0 komentar:

Poskan Komentar