TIM SUKSES EMPAT KANDIDAT DATANGI KPU

Written By Admin on Kamis, Juni 10, 2010 | Kamis, Juni 10, 2010

Dugaan pelanggaran pada tahap pemungutan dan penghitungan suara yang disikapi dingin KPUD dan Panwaslukada Sumba Timur menuai protes dari empat pasangan cabup-cawabup dan tim suksesnya. Pada Selasa (8/6/2010) siang, pasangan Cabup-Cawabup Maraing, Luri, Pinang dan Maju mendatangi KPU Sumba Timur menyampaikan dugaan berbagai pelanggaran yang terjadi selama proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS dan PPK.

Empat cabup-cawabup dan tim sukses serta pendukung diterima Ketua KPU Sumba Timur, Dr. Siliwoloe Ndjoeroemana, M.S dan empat anggotanya. Dalam pertemuan itu, empat pasangan cabup-cawabup menyampaikan beberapa dugaan pelanggaran, antara lain ditemukan model surat suara yang berbeda di TPS IV Kambaniru, yaitu surat suara dengan susunan gambar para calon secara vertikal dan horizontal. Padahal, kata Kabunang Rudiyanto, cabup paket Pinang, sesuai ketentuan jika pasangan calon lebih dari tiga, susunan gambar para calon harus horizontal. Juga, kata Kabunang, ada surat suara yang di belakangnya ada gambar. Demikian juga berbagai pelanggaran pada saat penghitungan di TPS dan PPK.


Menurut Kabunang, ada TPS yang tidak ada C1. "Kita mempertanyakan mengapa ini bisa terjadi?" kata Kabunang.

Ketua KPUD Sumba Timur, Dr. Siliwoloe Ndjoeroemana mengatakan, KPUD Sumba Timur akan menelusuri kebenaran informasi tersebut tetapi harus dengan rekomendasi dari Panwaslukada Sumba Timur. Sepintas Siliwoloe mengatakan, pencetakan surat suara telah melalui proses yang cukup ketat dengan diawasi pihak kepolisian. Demikian juga saat sortir di KPUD dilakukan sampai tigakali. Karena itu, ia sendiri kaget dengan adanya informasi tentang dua model surat suara tersebut.

Setelah dari KPU Sumba Timur, empat pasangan cabup-cawabup bersama tim sukses dan pendukungnya mendatangi Kantor Panwaslukada Sumba Timur.


[Sumber : Pos Kupang]

1 komentar:

Anonim mengatakan...

SEMUA BELUM DEWASA BERDEMOKRASI....!!!! RAKYAT TIDAK AKAN PERCAYA KALO KAMU BGTU TERUS....

Poskan Komentar