TUNDUKAN CHELSEA 3-1, MU JUARA COMMUNITY SHIELD

Written By Admin on Senin, Agustus 09, 2010 | Senin, Agustus 09, 2010

Manchester United berhasil memenangi ajang pembuka musim Community Shield. The Red Devils sukses membekap juara Premiership sekaligus Piala FA, Chelsea, dengan skor 3-1.

Bertarung di Stadion Wembley, Minggu (8/8/2010), tiga gol MU disumbangkan oleh Antonio Valencia, Javier Hernandez dan Dimitar Berbatov. Satu-satunya gol balasan Chelsea dihasilkan dari kaki Salomon Kalou.

Kemenangan di edisi 2010 ini membuat koleksi gelar MU di Charity Shield/Community Shield bertambah jadi 14 titel. Pasukan ‘Setan Merah’ terakhir kali memenangi Community Shield tahun 2008.

Jalannya pertandingan

Start pertandingan langsung kencang. Kedua tim sama-sama berniat untuk menguasai bola selama mungkin. Lima menit pertandingan berjalan, MU memiliki peluang lebih dulu.

Umpan panjang Wayne Rooney dari sisi kiri diterima oleh Valencia. Sayap kanan MU itu menang cepat dari Ashley Cole sebelum akhirnya melepaskan tembakan lob ke arah gawang. Namun, sepakan tersebut tak cukup tinggi untuk melewati Henrique Hilario sehingga sang kiper berhasil menangkapnya.

Beberapa saat kemudian Paul Scholes melakukan tekel telat terhadap Florent Malouda di tengah lapangan. Malouda terjatuh, tapi Scholes cukup beruntung tak mendapatkan kartu kuning.

Pada menit ke-10, sepakan keras Nicolas Anelka berhasil diblok oleh Edwin Van der Sar. Bola muntah sempat dicecar oleh Kalou, namun operannya ke depan gawang yang sudah ditinggalkan Van der Sar tak disambut oleh seorang pun.

Memasuki menit 17, MU mengancam pertahanan Chelsea ketika umpan Scholes disambut Rooney di sebelah kanan gawang Chelsea. Rooney mengumpan, tapi bola silangnya gagal disambar Michael Owen.

Empat menit jelang jeda pertandingan, MU akhirnya membuka keunggulan. Menerima umpan panjang Scholes, Rooney di sayap kanan mengirim umpan silang mendatar yang dengan mudah dicocor Valencia jadi gol pertama.

Di babak kedua, manajer MU Sir Alex Ferguson menarik Owen dan Rooney dan menggantinya dengan Berbatov dan Hernandez. Pergantian taktik ini sempat membuat MU mengendor dan Chelsea ganti menguasai pertandingan.

Menit 50, Chelsea nyaris menyamakan skor lewat kaki Malouda. Menguasai bola di dalam kotak penalti, sepakan pemain berkebangsaan Prancis itu menyamping saja di kanan gawang MU.

Chelsea terus menekan dan memetik serangkaian peluang. Seperti di menit 67 ketika tendangan melengkung Michael Essien melesat tipis di kiri gawang Van Der Sar.

Dua menit berselang, giliran tendangan Ashley Cole yang ditangkap Van Der Sar setelah sebelumnya kiper asal Belanda itu gagal menguasai bola umpan silang Paulo Ferreira dari sayap kanan.

Saat Chelsea asik menyerang, MU memukul dengan gol kedua. Gol Chicharito –julukan Hernandez– tercipta dengan proses mirip gol pertama, yakni umpan panjang Scholes ke sayap kanan.

Bedanya, di sini bola dikuasai Valencia yang umpan silangnya disambar Chicharito yang tak terjaga. Bola sepakan pemain Meksiko itu sempat mengenai mukanya sebelum berbuah gol kedua MU.

Masuknya Daniel Sturridge di kubu Chelsea membuat permainan pasukan Carlo Ancelotti jadi tambah tajam. Di menit 81, sepakan Sturridge dari dalam kotak penalti ditepis Van Der Sar jadi tendangan sudut.

Semenit berselang, Chelsea memperkecil ketinggalan jadi 1-2. Dari tendangan keras Sturridge yang ditepis Van Der Sar, bola muntah disambar Kalou jadi gol. Skor 1-2 membuat laga bertambah seru.

Namun MU ‘membunuh’ perlawanan Chelsea di menit terakhir lewat gol cungkil Berbatov dari ujung kotak penalti setelah sebelumnya melakukan kerja sama dengan Nani. Skor 3-1 pun bertahan sampai laga usai.

Susunan Pemain
Chelsea: Henrique Hilario, Ashley Cole (Yuri Zhirkov 79), John Terry, Paulo Ferreira (Jeffrey Bruma 79), Branislav Ivanovic, Frank Lampard, Michael Essien, Florent Malouda (Yossi Benayoun 72), John Obi Mikel (Didier Drogba 60), Nicolas Anelka (Daniel Sturridge 60), Salomon Kalou.

Manchester United: Edwin Van der Sar, John O’Shea, Nemanja Vidic, Jonny Evans, Fabio da Silva (Chris Smalling 71), Michael Carrick (Ryan Giggs 79), Paul Scholes (Darren Fletcher 80), Antonio Valencia, Pak Ji-Sung (Nani 46), Michael Owen (Javier Hernandez 46), Wayne Rooney (Dimitar Berbatov 46)

[Sumber : Detik Sport]

0 komentar:

Poskan Komentar