KANTOR INSPEKTORAT SUMBA TIMUR TERBAKAR SAAT HUJAN LEBAT

Written By Admin on Sabtu, November 06, 2010 | Sabtu, November 06, 2010

WAINGAPU - Kantor Inspektorat Kabupaten Sumba Timur, Kamis (4/11/2010) sekitar pukul 02.00 Wita, terbakar, di saat kota Waingapu diguyur hujan.

Sumber api diduga berasal dari arus pendek listrik dari salah satu ruangan. Seluruh isi kantor tidak ada yang terselamatkan. Meski hujan mengguyur, api begitu cepat menjalar ke seluruh bangunan dan tak bisa dijinakkan oleh air hujan. Menurut saksi mata, saat terbakar di kantor tersebut ada seorang penjaga malam, Robertus Unu alias Wunu (41). Wunu diduga ketiduran saat api mulai melalap gedung kantor. Setelah sadar, Wunu mampu menyelamatkan diri di tengah kobaran api.

Wunu sempat meminta bantuan para penjaga di kantor lain yang ada di sekitar. Namun tidak mampu menolong karena api sudah merambat seluruh bangunan.

Polisi yang tiba di lokasi kebakaran sekitar satu jam kemudian juga tidak bisa berbuat banyak karena seluruh bangunan sudah terbakar. Sementara bantuan air tangki dan pemadam kebakaran baru tiba sekitar pukul 05.00 Wita saat api mulai reda.

Belum diketahui berapa kerugian yang diderita akibat kebakaran kantor tersebut. Namun yang jelas, seluruh dokumen penting ikut terbakar. Kepala Inspektorat Waingapu sendiri saat terjadi kebakaran sedang berada di luar daerah.

Sejauh ini, polisi telah mengamankan penjaga malam, Wunu, untuk kepentingan pemeriksaan lebih lanjut. Polisi juga telah memasang police line keliling bangunan yang terbakar. Di tengah hiruk pikuk orang-orang yang datang ke lokasi, muncul selentingan kabar bahwa ada unsur kesengajaan dalam peristiwa itu.

Beberapa pegawai di kantor tersebut mengatakan, sejauh ini tidak ada kasus menonjol yang sedang ditangani instansi tersebut. Yang ada hanya pembinaan beberapa pegawai yang tidak disiplin. Para pegawai tersebut, kata staf yang menolak namanya dikorankan tersebut, saat ini sedang menjalani pemeriksaan.

Informasi lain dari saksi mata yang bermukim di sekitar lokasi kejadian menyebutkan bahwa sebelum kejadian sempat ada anjing menggonggong di sekitar lokasi. Namun tidak jelas, apakah gonggongan anjing itu ada kaitan dengan peristiwa kebakaran tersebut. Polisi masih mengumpulkan bukti untuk mengungkap penyebab kebakaran.

Kantor Inspektorat Kabupaten Sumba Timur berada tepat di depan Kantor Dinas Kehutanan Kabupaten Sumba Timur yang sempat terbakar Februari lalu. Berdasarkan pantauan di lapangan, hanya tembok bangunan yang masih berdiri. Atap, jendela, AC, dan seluruh isi bangunan ludes terbakar. Sampai dengan Kamis pagi asap api masih mengepul dari puing-buing bangunan.

[Sumber : Pos Kupang]

0 komentar:

Poskan Komentar