SUMBA LAYAK JADI PROPINSI

Written By Admin on Jumat, November 26, 2010 | Jumat, November 26, 2010

WAINGAPU - Tak hanya Flores yang dinilai layak untuk dijadikan provinsi baru di Indonesia, Sumba juga dinilai layak. Namun dari empat kabupaten yang ada di pulau tersebut, Kabupaten Sumba Timur dinilai yang palang layak.

Demikian diungkapkan sejumlah elemen masyarakat Kabupaten Sumba Timur kepada Timor Express secara terpisah, Minggu (21/11). Menurut Kornelis Ludji, warga Kecamatan Kota Waingapu, karena sudah terdiri dari empat kabupaten, maka pulau Sumba sudah layak menjadi sebuah provinsi.

“Dari sisi infrastruktur dan jumlah penduduk, Sumba juga sudah memadai dan memenuhi persyaratan menjadi provinsi baru di NTT,” ujarnya.
Sebabnya, Kornelis meminta pemerintah, DPRD dan seluruh elemen masyarakat di pulau tersebut segera memikirkan pembentukan provinsi Sumba. “Kalau mau mengalami kemajuan yang pesat, Sumba harus jadi provinsi. Potensi daerah yang ada juga cukup mendukung.

Nah, dengan terbentuknya provinsi Sumba sudah tentu empat kabupaten yang ada di pulau Sumba juga bisa dimekarkan,” paparnya seraya mencontohkan, Kabupaten Sumba Timur yang bisa dimekarkan menjadi tiga kabupaten dan satu kota sesuai hasil penelitian tim Uinversitas Indonesia (UI) yang bekerjasama dengan pemerintah setempat belum lama ini.

Hal senada disampaikan Philipus Retang, warga Kecamatan Umalulu. Menurutnya, bila Sumba menjadi provinsi, Waingapu paling layak untuk dijadikan ibukota. “Ibukota provinsi Sumba harus berada pada wilayah yang strategis, hemat saya dari empat ibukota kabupaten di Sumba, Waingapu ibukota Kabupaten Sumba Timur adalah yang paling layak menjadi ibukota provinsi Sumba,” tandasnya.

Namun menurut anggota Fraksi Partai Golkar (FPG) DPRD Sumba Timur, Anton Dida Djuka, menjadikan Sumba sebagai provinsi butuh perjuangan yang panjang atau tidak semudah membalikkan telapak tangan. “Tidak gampang memekarkan sebuah wilayah termasuk menjadikan Sumba sebagai provinsi. Tentu ada indikator-indikator yang harus mendukung wacana tersebut. Tapi wacana tersebut sah-sah saja mengingat Sumba adalah pulau yang luas bahkan jauh lebih luas dari pulau Bali dan tentunya sangat wajar bila warga yang bermukim di pulau ini menginginkan Sumba menjadi provinsi baru di Indonesia,” imbuhnya.

Menanggapi hal itu, Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora mengatakan, rencana pembentukan provinsi Sumba harus melibatkan seluruh komponen yang ada di wilayah tersebut. Potensi yang ada demikian Gidion, juga harus mendukung sehingga rencana tersebut tidak sekedar wacana. Untuk itu sambungnya, di Sumba Timur, pihaknya bersama DPRD dan elemen yang ada di wilayah tersebut mulai melakukan pembenahan infrastuktur yang ada termasuk sisi ekonomi dan SDM masyarakat.

[Sumber : Timor Express]

2 komentar:

Umbu Retang mengatakan...

ayo.. jangan hanya sekedar wacanakan, tetapi kita warga sumba sama - sama berjuang intuk mewujudkannya...

salam

Candra Saputra, S.Pd mengatakan...

Propisnsi Sumba..? HARUS alias WAJIB, maka jangan ditunda2 lagi..!

Poskan Komentar